Senin, 08 September 2014

ISIS Sudah Kuasai Kota Kristen Terbesar Irak

ISIS Sudah Kuasai Kota Kristen Terbesar Irak

FRIDAY, 08 AUGUST 2014

Total View : 2663 times

Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah mengambil alih sebagian besar wilayah di Irak bagian utara hingga membuat warga Kristen mengungsi Rabu (6/8/2014). Hal ini diungkapkan oleh Pendeta Louis Sako di Irak kepada AFP, seperti dilansir The Telegraph, Kamis (7/8/2014).

"Warga Kristen mengungsi hanya membawa pakaian di badan mereka, sebagian dari mereka pergi dengan berjalan kaki untuk mencapai wilayah Kurdi," ujarnya. "Ini bencana kemanusiaan.Gereja-gereja dikuasai, salib-salib dicopoti," ujarnya lagi. Dia juga menambahkan bahwa sekitar 1.500 manuskrip juga dibakar.

ISIS juga sudah menguasai Kota Qaraqosh, kota Kristen terbesar di Irak, setelah memukul mundur pasukan Kurdi di wilayah tersebut. "Saya kini sudah tahu Kota Qaraqosh, Tal Kayf, Bartella, dan Karamlesh sudah kosong dari warga asli dan kini dikuasai para militan," ujar Uskup Agung Krkuk dan Sulaimaniyah Joseh Thomas.

Para penduduk yang mengungsi sekitar 200 ribu dan ribuan lainnya yang terjebak di Pegunungan Sinjar saat ini sudah diselamatkan, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Saat ini, ISIS pun ditengarai tengah gencar masuk ke negara-negara mayoritas Islam khususnyaIndonesia. Banyak petinggi pemerintahan yang menolak, namun ada beberapa kelompok yang diduga telah bergabung. Hal ini tentu membahayakan keamanan di Indonesia yang punya begitu banyak latar belakang kebudayaan, agama, suku, dan segala kultur yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar